Ukuran Kamar Tidur Ideal

Menentukan ukuran kamar tidur dalam perencanaan desaian rumah memang gampang-gampang sulit, karena pertimbangan ukuran sebuah kamar yang anda dibutuhkan sangat dipengaruhi ukuran bidang tanah yang akan dibangun, kebutuhan ruangan-ruangan yang diperlukan dalam rumah dan fungsi kamar tidur itu sendiri.

Berikut ini ukuran kamar tidur minimal berdasarkan peruntukannya:

1. Ukuran kamar tidur ideal untuk kamar tidur utama adalah minimal seluas 11,15 m2 dengan panjang sisi terpendek setidaknya 2,85 m bersih dari dinding ke dinding.
2. Untuk kamar anak memerlukan ruang setidaknya 7,43 m2 dengan panjang sisi terpendek 2,50 m bersih dari dinding ke dinding.

3. Untuk kamar pembantu setidaknya menyediakan ruang 5-6 m2 dengan panjang sisi terpendek setidaknya 2 m bersih dari dinding ke dinding.

Ukuran diatas didapat dari perhitungan kebutuhan ruang gerak manusia dalam ruangan kamar tersebut. Untuk pertimbangan lebih lanjut anda dapat menyesuaikan ukuran kamar anda dengan ukuran perabot yang akan anda pakai dalam kamar tersebut, misalnya untuk satu jenis perabot saja saat ini dengan ukuran rata-rata panjang 200 cm terdapat beberapa jenis ukuran tempat tidur mulai dari lebar 100 cm, 120 cm, 160 cm dan 200 cm.

Pertimbangan lain yang perlu diperhatikan adalah fungsi lain dari kamar tidur yang akan anda sediakan, apakah semata-mata hanya kamar tidur saja atau juga akan digunakan untuk aktifitas lain yang akan mempengaruhi barang-barang yang diletakkan di dalamnya.

Apapun itu luas, fungsi dan perabot yang akan anda gunakan di kamar tidur yang akan dibuat, setiap kamar tidur harus bisa memberikan fungsi dasar kamar tidur yaitu susana nyaman dan rileks untuk beristirahat anda.

Selamat membangun kamar tidur ideal anda.

 

(Dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s