Tips Memotret Rumah Dijual

Berdasarkan survei yang dilakukan National Association of Realtors di Amerika Serikat, foto adalah salah satu hal yang ingin dilihat saat orang mencari iklan rumah dijual di Internet. Jadi, apakah Anda sependapat kalau seorang penjual rumah sebaiknya menyajikan foto yang “menjual”?

Seperti apa foto yang menjual? Simpelnya, foto harus membuat calon pembeli kagum akan rumah yang dijual. Berikut ini adalah tips dari Ary Hartanto, seorang arsitek yang juga menggeluti dunia fotografi.

 

Gunakan Cahaya Alami

Nyalakan semua lampu dan buka tirai jendela sehingga ruangan cerah dan terbuka. Sebisa mungkin jangan gunakan lampu kilat yang tertanam di kamera karena membuat pencahayaan kurang baik, seperti munculnya bayangan-bayangan di belakang perabotan. Hindari mengambil foto saat cahaya matahari terlalu terang  karena cahaya terlalu terang akan menghasilkan bayangan-bayangan yang terlalu kontras. Waktu terbaik adalah pagi hari atau sore hari.

Kamar tidur dalam apartemen
Saat mengambil foto di dalam ruangan, jendela dapat dibuka lebar dan lampu dapat dinyalakan untuk memaksimalkan cahaya alami. Waktu terbaik untuk mengambil foto adalah pagi hari atau sore hari. (Foto: Anto Erawan)

Atur Sudut dan Komposisi

Tampilkan seluruh isi ruangan sebanyak-banyaknya. Untuk itu, cari sudut ruangan. Ketika mengambil foto bagian luar rumah, jangan ambil foto dari depan rumah persis. Akan tetapi, ambil dari sudut tertentu yang juga menampilkan rumah bagian samping sehingga orang yang sedang melihat foto bisa mengetahui dimensi rumah secara sekilas. Ambil dari berbagai posisi yang menampakkan berbagai sudut rumah.

Jangan Mengelabui

Lensa kamera bisa membuat ruangan tampak lebih luas daripada semestinya. Calon pembeli bisa kecewa ketika mereka berkunjung ke rumah Anda. Karena itu, tampilkan ruangan apa adanya. Anda boleh saja mengatur agar rumah tampak menarik, misalnya dengan menyembunyikan kabel-kabel, merapikan bantal di sofa, atau meletakkan pernak-pernik hiasan.

Tips yang dibagikan Ary tadi sangat sederhana sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja yang hendak jual rumah, baik agen properti maupun pemilik rumah.

Setelah Anda sudah memiliki foto yang baik, jangan lupa untuk membuat iklan rumah dijual yang baik pula. Foto hanya salah satu faktor yang membuat rumah lebih mudah dijual. Faktor lain seperti kelengkapan iklan juga ada pengaruhnya.

By:Alex Pangestu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s