Tips Desain Interior Kamar Tidur

Kamar tidur boleh jadi merupakan tempat paling akrab bagi kita. Karena ruang ini menjadi area untuk menghabiskan waktu beristirahat tiap hari.  Untuk itu, akan lebih baik jika kamar tidur didesain semenarik mungkin sesuai selera dan karakter penghuninya. Sebab, kamar tidur juga bisa mencerminkan pemiliknya. namun, bukan perkara mudah untuk mendesain kamar tidur yang pas dengan selera hati. Bagi yang ruang kamar tidurnya luas, bisa leluasa mendesainnya. Ketersediaan ruang yang cukup memberikan banyak ide untuk berkreasi. Tapi ruang luas tentunya membutuhkan banyak aksesori agar tidak terlihat kosong.
Sedangkan untuk ruang minimalis seperti tren saat ini yang berkembang, dinilai membatasi untuk berkreasi. Kebanyakan aksesori malah membuat kamar terasa sempit dan tidak nyaman. Untuk itu, agar interior kamar tidur yang minimalis tetap nyaman dan tenang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menatanya. Sejumlah praktisi interior mengungkapkan, dalam mendesain kamar tidur minimalis, sebaiknya tidak terdapat sekat-sekat yang akan membuat kamar semakin terasa sempit, seperti penambahan sekat untuk ruang ganti. Bahkan kamar tidur ini tidak dianjurkan ditambahi kamar mandi atau toilet.

Pemilihan Aksesori
Disarankan, pemilihan aksesori atau perabotnya berwarna bersih, seperti putih, krem, berbentuk tegas tanpa banyak renda-renda atau variasi. Pilihan aksesori yang tidak berlebihan ini mengantar ruangan terasa pas dan leluasa. Boleh saja jika mau menggunakan karpet, tapi pilihlah karpet berwarna solid tanpa motif untuk memberikan kesan lapang. Bila kamar ingin dipasang lukisan, usahakan lukisan tersebut memiliki komposisi, frame, dan warna simpel tanpa memiliki terlalu banyak ukiran. Lukisan yang dipilih sebaiknya yang memberikan kesan luas, seperti pemandangan alam.
Untuk perabot utama, yakni tempat tidur, pilihlah ranjang yang bermodel sederhana dan sesuaikan ukurannya dengan ruangan jangan menggunakan tempat tidur yang memakan hampir separoh ruangan kamar. Untuk meletakkan cermin saja sebaiknya cukup pada dinding atau pintu lemari pakaian. Ini bisa untuk menimbulkan kesan luas dan lapang. Pantulan bayangan ruangan kamar pada cermin membuat orang merasa berada kamar yang luas.
Kamar tidur minimalis biasanya memiliki warna dinding kalem dan menenangkan. Jika mau menggunakan wallpaper perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan warna dinding serta perabotnya. Dibagian lantai dapat divariasi dengan penggunaan kayu. Lantai kayu ini dinilai cocok karena kamar tidur dirasa lebih nyaman, hangat, dan tidak membuat kaki dingin begitu turun dari tempat tidur.

Untuk gorden jendela harus disesuaikan dengan warna seprei. Ini dimaksudkan untuk menciptakan keserasian dan agar tidak menimbulkan kesan ramai. Sedankan untuk pencahayaan usahakan memberikan kesan lapang. Biasanya kamar tidur minimalis menggunakan lampu bercahaya putih. Jika ingin menambahkanlampu hias yang juga berfungsi sebagai lampu tidur, pilihlah lampu yang tidak terlalu besar. Cahaya lampu hias dapat menggunakan warna kuning atau warna lembut lain untuk memberikan kesan mewah dan futuristik.
(Dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s